Orang Tua: Pentingnya Membahas YouTube dengan Anak Anda

Apakah kamu orang tua? Jika ya, apakah anak Anda sudah cukup umur untuk menggunakan internet? Jika Anda memiliki anak yang sudah sekolah menengah atas atau bahkan sekolah menengah pertama, kemungkinan besar Anda mengkhawatirkan keamanan internet, sebagaimana mestinya. Daring, ada banyak sekali situs web, termasuk YouTube, yang menarik bagi anak-anak Anda. Satu-satunya masalah dengan situs web ini adalah jika tidak digunakan dengan benar, mereka bisa berbahaya. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mendiskusikan situs internet populer, seperti YouTube, dengan anak Anda.

Saat membicarakan YouTube dengan anak-anak mereka, banyak orang tua yang bertanya-tanya apa sebenarnya YouTube itu. Jika Anda belum pernah mendengar tentang YouTube atau mengunjunginya sebelumnya, disarankan agar Anda melakukannya sebelum membicarakannya dengan anak Anda. Setelah Anda mengunjungi situs web YouTube, Anda akan melihat bahwa itu adalah situs berbagi video. Mereka yang berusia tiga belas tahun ke atas dapat mendaftar untuk mendapatkan akun YouTube gratis. Setelah akun terdaftar, mereka yang memiliki akun dapat menonton video YouTube, memberi peringkat, atau mendiskusikannya dengan anggota YouTube lainnya, serta membagikan video mereka sendiri secara online.

Dengan keamanan YouTube, sebagian besar fokus harus ditempatkan pada mengunggah dan berbagi video, tetapi penting juga bagi Anda untuk menyentuh menonton video juga. Ada sejumlah video YouTube yang memiliki konten dewasa. Meskipun YouTube mencoba memastikan bahwa setiap video ini ditandai, dengan satu atau lain cara, tidak semuanya. Anda ingin mengingatkan anak Anda bahwa mereka adalah mereka yang adil, seorang anak kecil. Anda bahkan mungkin ingin membatasi jenis video yang mereka tonton. Misalnya, lebih mungkin untuk menemukan video pendidikan di YouTube, seperti panduan cara kerja. Anak-anak Anda sebaiknya menonton jenis video tersebut, karena kemungkinan besar mereka akan menerima sedikit pendidikan pada waktu yang sama.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, sebagian besar fokus harus ditempatkan pada mengunggah video ke YouTube. Di masa lalu, sejumlah besar anggota YouTube memposting video yang berisi klip dari film, acara televisi, atau video musik favorit mereka. Karena masalah hak cipta, YouTube mencoba untuk mengurangi jenis video ini, karena sebenarnya ilegal tanpa izin yang tepat. Anda mungkin ingin menjelaskan hal ini kepada anak-anak Anda, karena mereka mungkin tidak terbiasa dengan hak cipta dan cara kerjanya. Dalam kebanyakan kasus, jika anak-anak Anda memposting video di YouTube yang mereka tidak memiliki izin untuk melakukannya, video tersebut kemungkinan besar akan dihapus, tetapi karena semakin banyak perusahaan yang muak dengan pekerjaan mereka yang ditampilkan di internet, tindakan yang lebih serius boleh diambil.

Penting juga bagi Anda untuk berbicara dengan anak-anak Anda tentang keselamatan, saat membagikan video di YouTube atau bahkan saat membuat video dengan tujuan hanya untuk menayangkannya di situs web YouTube. Salah satu jenis video populer yang dibuat oleh banyak remaja dewasa, termasuk siswa sekolah menengah, adalah blog video. Blog video seperti blog tradisional, di mana mereka menguraikan kejadian-kejadian dalam kehidupan seseorang, tetapi mereka dalam format video. Satu-satunya masalah dengan blog video adalah banyak anggota YouTube yang duduk tepat di depan kamera, memperlihatkan wajah mereka untuk dilihat semua orang. Meskipun ini bisa dianggap aman, memberikan terlalu banyak informasi, sementara menunjukkan wajah Anda tidak. Anda ingin memberi tahu anak-anak Anda bahwa mereka tidak boleh, dalam keadaan apa pun, memberikan nama lengkap, alamat, atau nomor telepon mereka, bahkan nomor ponsel.
Juga disarankan agar Anda berbicara dengan anak-anak Anda tentang predator internet. Meskipun anggota YouTube dapat berbicara satu sama lain, bahaya bertemu predator online tidak setinggi di situs jejaring sosial tradisional, seperti MySpace, tetapi ancamannya masih ada. Beri tahu anak Anda bahwa Anda tidak ingin dia berbicara dengan anggota YouTube lainnya, karena mereka tidak pernah benar-benar tahu siapa yang berada di belakang komputer. Jika Anda dan anak-anak Anda tidak dapat mencapai kesepakatan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memblokir situs YouTube dari komputer Anda.